Jalan Jalur Dua  Tandun - Pasir Pangaraian Dan Jalan Lintas Sontang Kembali Rusak Parah

Jalan Jalur Dua  Tandun - Pasir Pangaraian Dan Jalan Lintas Sontang Kembali Rusak Parah

Rokan Hulu, RPC

Kerusakan jalan yang parah ada di Kecamatan Ujungbatu tepatnya sebelum Puskesmas ujungbatu arah Pekanbaru. Kemudian, kerusakan jalan lainnya kilometer 3 desa Ujungbatu timur. 

Kerusakan jalan yang terjadi di Wilayah Rohul ini juga  Di Jalan  lintas  Sontang  berbanding terbalik dengan  Dinas PUPR-PKPP melalui UPT wilayah VI Rohul yang menyatakan bahwa ruas jalan Tandun-Pasirpengaraian sudah diperbaiki. begitu  juga  jalan  lintas  Sontang. 

Kerusakan jalan yang mayoritas berada di jalan minim penerangan ini sangat berbahaya buat pengendara yang lalu lalang, apalagi intensitas lalulintas sangat tinggi jelang lebaran. 

Anggota DPRD Provinsi Riau dari  F- Partai PKS Komisi IV Adam Syafaat  M.A Menyebutkan, Terkait kondisi Jalan Propinsi (JALINPROV) jalur dua yang ada diKecamatan Ujung Batu, Kecamatan Tandun  Dan  desa Sontang Kabupaten Rohul,penyebab nya angkutan yang melebihi  tonase yang melalui Jalinprov jalur dua dikecamatan tersebut. Imbuhnya. 

"Hampir merata Jalan Propinsi   jalur dua Maupun jalur Utarma yang ada di kecamatan tersebut, maupun  desa berlobang di badan jalan". Sulit memilih dan memilah, mana jalan yang berlobang mana yang bagus akibat muatan angkutan melebihi tonase." Ucap Adam Syafaat M.A, kepada awak media.melalui via seluler selasa (3/1/2023).

Selain  itu Kades Sontang juga   meminta kepada  Pemerintah Pusat , mau pun Pemerintah Propinsi Riau agar tanggap dengan kerusakan jalan di Ruas  Jalan lintas  Sontang Tambus  Sebelum menelan korban lebih  banyak semasa Mudik di  Hari  lebaran

Pemerintah Provinsi Riau seharusnya cepat tanggap  melakukan pengawasan dan kita juga berharap jangan ada lagi angkutan yang melebihi tonase melalui Jalinprov tersebut. "Karena jalan ini merupakan jalan penghubung antar Kabupaten antar Propinsi , apalagi musim mudik tahun baru sekarang mobilitas masyarakat Rohul yang Melinda's sangat tinggi." imbuhnya

Hal i Wargadan pemuda ujung batu timur, mengaku sangat kecewa dengan kondisi jalan jalur dua antar kabupaten antar Provinsi yang rusak parah."Sangat mengganggu apalagi moment arrus (Mudik), ketika  hari  besar banyak jalan yang berlubang, bergelombang dan aspal yang rusak yang  akan menimbulkan  kecelakaan terjadi .

Menurut ferry  y unanda  juga  ,"jalan ini sudah lama berpengaruh  juga  akibat genangan  air  sehingga Sampai  rusak jalan  tersebut  sehingga sudah dua periode Bupati dan Wakil Bupati Rohul dan mau dua periode pula jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau , bukan  berarti dibiarkan tetatipi  kita  tangani  sumber  masalahnya  dulu baru   diperbaiki  lagi  pondasi   titik  tersebut begitu saja. Pungkasnya. 

 "Awalnya berlubang sedikit, dan sekarang sudah semakin parah,sebelum ada korban".Dengan kondisi JalinProv tersebut". "Saya meminta kepada Pemerintah Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Rohul agar merespony kondisi jalan jalur dua tersebut dan memperbaiki jalan yang rusak, dengan mengedepankan kepentingan masyarakat". Ucap  Antodengan nada kecewa.

Ditempat terpisah Dinas PUPR - PKPP Propinsi Riau melalui Kelapa UPT Wilayah VI Kabupaten Rohul Ferry Yunanda saat dikonfirmasi awak media  jumat ,Terkait jalan Dua  jalur Kecamatan Ujung Batu. Tandun dan  jalan lintas  Sontang Kita akan selesaikan dulu permasalahan genangan air disana, tahun 2023 ini akan dilaksanakan pembuatan drainase disana dengan menggunakan drainase pra cetak. "Saat ini sedang proses penyiapan dokumen pengadaan, direncanakan akhir bulan januari tahun 2023 pada tahun ini, sudah bisa dilakukan pengadaan beton pracetak u-ditch dengan metode e - catalog". Sebutnya Kepala UPT Wilayah VI Rohul. 

Sambung nya lagi Ferry Yunanda terkait jalan dua jalur tersebut, "Selanjutnya akan dipasang sepanjang 650 m di jalan dua jalur Kecamatan  Ujung Batu, setelah penanganan drainase selesai akan dilanjutkan penanganan jalan secara permanen, karena permasalahan terletak di genangan air, genangan air menyebabkan aspal dan base cepat rusak". Ungkapnya. 

Kami di UPT Wilayah VI Rohul, " Terus berusaha untuk dapat menjaga fungsional jalan di ruas jalan provinsi". "Sementara untuk kegiatan Rekonstruksi jalan dan pembangunan jalan akan  dilaksanakan oleh bidang Bina Marga berkolaborasi dengan UPT Wilayah VI Rohul dan Bidang Bina Marga PUPR -PKPP Riau". Diharapkan dapat maksimal dalam melayani pengguna jalan.Jelasnya Kepala UPT Wilayah VI Rohul Ferry Yunanda  , "akhiri  .( Tim/ ***EP)